Senin, 02 Januari 2012

Data pada Microsoft Excel [Memasukkan Data ke Lembar Kerja]


Udah lengkap dan serba punya. Punya Ms. Excel tapi gak diapa-apain dan tidak diisi data untuk digunakan sebagai pekerjaan, apa gunanya ? Nah untuk itu kita akan belajar tentang data yang dimasukkan ke Lembar Kerja / worksheet. Berbagai jenis data dapat dimasukkan. Terdapat beberapa cara untuk memasukkan data ke dalam suatu sel, yaitu :
Diketik lewat keyboard
Diambil dari sel lain pada lembar kerja yang sama
Di ambil dari lembar kerja lain atau file lain. Bisa juga dari Ms. Word

Data Label (Text/Character/String)

            Adalah data yang tidak dapat dioperasikan oleh operator matematika dalam excel. Jadi, tidak bisa ditambah, dikurang, dikali atau dibagi. Seperti teks, tidak mungkinkan dijumlah ?
Sifat : Dapat berisi angka dengan format teks huruf atau tanda baca, dan selalu rata kiri.

Data Numerik (Numeric)

Adalah data yang dapat dioperasikan dengan operator matematika di Excel. Jadi, data numerik dapat dijumlahkan, dikurangkan, dikali, dibagi dan dipangkatkan. Sifat :

Data angka hanya berisi angka saja, tidak boleh huruf atau tanda-tanda baca,
Harus diawalai oleh 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 tanda plus (+) dan min (-),
Dapat diakhiri oleh %
Data angka dapat dikalkulasikan
Penulisan data angka selalu rata kanan

Dua jenis data tersebut dapat dikombinasikan dengan langkah tertentu. Antara lain bisa jadi fungsi / function dan rumus / formula dapat membantu kita dalam menghitung. Thank’s sekian dulu untuk selanjutnya, bisa di pelajari lagi tetap di blog ini. Keep read and visit this blog ok ! ;)

Tidak ada komentar: